Mengenai Saya

Foto saya
yang bisa menilai saya adalah orang lain bukan saya sendiri

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Contoh Makalah Dasar Bengkel



2016





MENGENAL LEBIH LANJUT TENTANG “SOLDER"




Disusun Oleh :
Lila Lailatus Solechah
Oshy Dewandari
M. Ghoni Arifin


TEKNIK TELEKOMUNIKASI
POLITEKNIK KOTA MALANG
2016

 

MENGENAL LEBIH LANJUT TENTANG “SOLDER"

 












Disusun Oleh :
Lila Lailatus Solechah
Oshy Dewandari
M. Ghoni Arifin


TEKNIK TELEKOMUNIKASI
POLITEKNIK KOTA MALANG
2016




KATA PENGANTAR

Syukur alhamdulillah, merupakan satu kata yang sangat pantas kami ucapkan kepada Allah SWT, yang karena bimbingan Nya kami bisa menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Makalah ini dibuat dari berbagai Sumber dalam jangka waktu tertentu sehingga menghasilkan karya yang bisa dipertanggung jawabkan hasilnya.Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait yang telah membantu kami dalam penyusunan makalah ini.
Kami menyadari bahwa masih sangat banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu kami mengundang pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu pengetahuan ini.
Terima kasih, dan semoga makalah ini bisa memberikan sumbangsih positif bagi kita semua .Amin


Tulungagung,  Oktober 2016


      Penyusun              
DAFTAR ISI

Halaman Judul......................................................................................             ii
Kata Pengantar.....................................................................................             iii
Daftar Isi................................................................................................              iv
Isi
Bab I Pendahuluan
1.1           Latar Belakang...........................................................                5
1.2           Rumusan Masalah....................................................                5
1.3           Tujuan Penulisan......................................................                5
1.4           Teknik Pengumpulan Data...................................                5

Bab II Pembahasan
2.1     Pengertian Solder......................................................               6
2.2     Komponen Solder dan Isinya................................               6
                             2.2.1 Elemen Pemanas................................        6
                             2.2.2 Besi Solder..........................................          7
                   2.2.3 Gagang.................................................         7
         
2.3     Jenis Solder dan Fungsinya.....................................              8
                             2.3.1 Solder Listri..........................................       8
                             2.3.2 Solder Uap............................................       8
                             2.3.3 Solder Kontrol Suhu..........................       9

Bab III Penutup
          3.1 Kesimpulan Dan Saran.................................................              10
Daftar Pustaka......................................................................................              11


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
            Solder dalam kehidupan sehari - hari merupakan alat bantu para bengkelelektronik yang sehari-hari digunakan dalam melakukan penyambungan kabelyang ada di dalam komponen elektronik dengan mnggunakan timah yang di panaskan menggunakan solder. Solder juga sering kita jumpai pada bengkel- bnegkel elektronik yang biasa kita jumpai
Solder berasal dari kata Latin solidare yang artinya untuk membuat padat. Dalam soldering filler metalnya (solder) mencair pada temperaturerendah, seperti dalam brazing, solder mengisi titik secara kapiler antara celah pada dua komponen yang akan disambungkan. Karakteristik terpenting dalamsoldering ini di antaranya tegangan permukaan yang rendah dan kemampuanuntuk membasahi yang tinggi. Sumber panas soldering biasanya kompor atauobor.
1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Apa itu solder?
1.2.2 Apa saja fungsi dari komponen-komponen solder?
1.2.3 Apa saja jenis-jenis solder?
1.3 Tujuan Penulisan
1.3.1 Mengetahui pengertian solder.
1.3.2 Mengetahui komponen solder beserta fungsinya.
1.3.3 Mengetahui jenis-jenis solder beserta fungsinya.

1.4 TEKNIK PENGUMPULAN DATA :
Di dalam proses penyusunan laporan karya tulis ini, ada beberapa teknik yang kami pergunakan,antara lain :
o   Teknik Studi Pustaka
Yaitu, teknik yang digunakan dalam pembuatan suatu karya tulis ilmiah dengan berdasarkan pengambilan data dari buku-buku (kepustakaan) atau dari sumber lain berupa kepustakaan yang dapat tersusun seperti yang telah diharapkan.





BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Solder
Solder adalah pemanas berujung logam untuk melelehkan timah ataulogam mudah lebur titik lainnya vang setelah lebur digunakann untuk penyambung dua permukaan logam. Solder digunakan untuk menyambungkawat listrik atau menghungkan komponen pada elektronik pada papanrangkain tercetak logam yang di lebur untuk keperluan ini biasanya berupatimah.solder listrik membutuhkan daya listrik yang berbeda-beda besarnyatergantung pada kebutuhan. Untuk menyambung diua permukaan logam yangtitik leburnya tinggi di gunakan solder berdaya besar dan timah yang digunakan mengandung lebih banyak timbel.solder yang di gunakan untukmenyolder peranti elektronika biasanya memerlukan daya listrik tidak lebihdari 30 watt. Bentuk ujung solder juga bermacam-macam tergantung dari bentuk permukaan yang hendak di solder iuntuk memudahkan pemakainya.
2.2 KOMPONEN SOLDER DAN FUNGSINYA
2.2.1 Elemen Pemanas
Elemen pemanas pada solder merupakan komponen yang menentukan tingginya suhu dari solder, tingginya suhu pada elemen pemanas bergantung pada besarnya daya elemen pemanas tersebut yang diukur dalam satuan watt, semakin besar watt-nya maka semain tinggi suhu yang dihasilkan.
Pemilihan besarnya daya elemen pemanas pada solder bergantung pada penggunaan solder tersebut, untuk penyolderan IC maka besarnya daya elemen solder yang di izinkan adalah sebesar 30 watt, karena jika watt-nya besar maka suhu dari solder tersebut juga tinggi dan ini akan menyebabkan kerusakan pada IC tersebut, sedangkan untuk penyolderan trafo flyback maka dibutuhkan solder dengan elemen berdaya sekitar 60 watt. Namun secara umum solder dengan daya 40 watt sudah mencukupi untuk digunakan pada perbaikan televisi. Tetapi, jika solder dengan daya 40 watt tidak mampu melelehkan timah solder pada trafo flyback maka dibutuhkan solder dengan elemen ber-daya lebih tinggi, sehingga akan menyebabkan pemborosan karena harus memasang 2 solder dengan daya yang berbeda. Jalan keluar untuk situasi seperti ini adalah menggunakan solder dengan elemen ganda, dimana dalam satu solder sudah terdapat elemen dengan daya rendah (antara 20 - 40 watt) dan daya tinggi ( 80 - 130 watt), solder semacam ini biasanya menggunakan gagang bebentuk pistol. Kemungkinan lainnya adalah menggunakan solder yang dilengkapi dengan pengatur suhu, tetapi solder jenis ini memiliki harga yang cukup mahal.
Elemen pemanas pada alat solder adalah komponen yang menentukantingginya suhu dari solder, tinggi suhu pada elemen pemanas tergantungkepada tingginya daya elemen pemanas tersebut yang diukur pada satuanwatt, semakin besar wattnya maka semakin tinggi pula suhu yang dihasilkan.
2.2.2 Besi Solder (Solder TIP)
Besi solder atau "Solder Tip", berfungsi untuk mengalirkan panas dari elemen pemanas dan biasanya terbuat dari tembaga karena sifat tembaga yang mudah menyalurkan panas, besi solder yang baik mampu mengalirkan panas dengan sempurna dan mengumpulkan panas pada ujungnya kepalanya (bit), sehingga suhu pada ujung besi solder jauh lebih panas dari pada suhu pada elemen pemanasnya, dan pada bit-nya diberi lapisan khusus anti lengket dan anti karat sehingga lebih mudah untuk menyolder dan lebih gampang dalam membersihkannya. Pada beberapa merek, body bagian luar dari besi solder terkadang di lapisi dengan aluminimum sehingga timah solder hanya terkumpul di bit nya saja. Untuk besi solder dengan lapisan khusus ini, untuk membersihkanya jangan sekali-kali membersihkannya dengan cara dikikir atau diamplas, karena akan menyebabkan lapisan khusus tersebut rusak, cara terbaik membersihkannya adalah dengan menggunakan spon basah. Tips agar besi solder awet adalah jangan digunakan untuk menyolder bahan yang terbuat dari plastik, karena akan menyebabkan kerusakan. Jenis ujung besi solder (solder tip) bermacam-macam, ada yang lancip, tumpul, pipih, dsb. Pemilihan jenis ujung besi solder tergantung penggunaannya, untuk perbaikan televisi besi solder ujung tumpul sudah mencukupi, kecuali untuk menyolder komponen SMD, maka diperlukan besi solder ujung lancip.
Besi solder ataupun “Solder Tip” berguna untuk mengalir panas
terhadap dari elemen pemanas serta umumnya terbuat dari tembaga sebabsifat tembaga mudah menghantarkan panas, besi solder yang bagus mampumenghantarkan panas dengan sempurna serta mengumpulkan panas pada bagian ujung kepalanya, sehingga suhu pada ujung besi solder tersebut jauhlebih panas dari pada suhu terhadap elemen pemanasnya, serta pada bitnyadiberi lapisan khusus anti lengket serta anti karat sehingga lebih mudah untukmenyolder serta lebih gampang ketika membersihkannya.

2.2.3 Gagang
Gagang solder biasanya terbuat dari plastik campuran sehingga lebih tahan terhadap panas, tetapi untuk solder yang murah biasanya menggunakan plastik biasa sehingga mudah leleh pada bagian yang berdekatan dengan elemen pemanas, jika kami sarankan memilih solder dengan gagang dari kayu sehingga lebih tahan lama.
Secara umum bentuk gagang solder ada dua macam, berbentuk pen dan berbentuk pistol. Untuk yang berbentuk pen biasanya digunakan untuk solder dengan elemen pemanas tunggal, sedangkan untuk yang berbentuk pistol biasanya digunakan pada solder dengan elemen ganda, dimana salah satu elemen nya memiliki watt yang lebih besar, untuk memilih elemen mana yang diaktifkan, anda cukup menekan switch pemilih daya yang tepat berada pada posisi jari telunjuk anda, mirip seperti pemantik pada pistol sesungguhnya.
Gagang solder umumnya terbuat dari plastik campuran sehingga lebihtahan panas, namun untuk solder yang harganya murah umumnya memakai plastik biasa sehingga akan lebih mudah meleleh pada bagian yang dekatdengan elemen pemanas tersebut. Apabila anda lebih memilih untuk membelisolder yang murah, maka di sarankan untuk memilih solder yang bagiangagangnya terbuat dari kayu sehingga akan lebih awet. Umumnya bentukgagang pada solder terdiri dari 2 macam, yaitu berbentuk Ben serta berbentuk pistol

2.3 JENIS SOLDER DAN FUNGSINYA
2.3.1 Solder Listrik

SOLDER BATANG

SOLDER TEMBAK
 
Salah satu Fungsi Solder Listrik adalah untuk membantu membongkar atau merakit rangkaian elektronika yang terdapat pada sebuah papan pcb. Solder sendiri adalah alat elektronika yang dapat merubah energi listrik menjadi sebuah energi panas.
Untuk 
Cara Kerja Solder Listriknya sendiri yaitu dengan mencolokkan steker pada ujung kabel ke stop kontak. lalu tunggu sampai ujung kepala solder menjadi panas.
2.3.2 Solder Uap
Solder uap adalah teknik penyolderan menggunakan semburan tekanan udara yang panas yang bisa diatur tekanan angin dan temperaturnya. 
Dalam melakukan perbaikan (repair) peralatan elektronik maka solder uap atau blower ini berfungsi untuk digunakan dalam mencabut serta memasang ulang kembali spart part komponen elektronik  berupa IC mungil SMD, resistor surface, condensator dan lainnya. Solder uap ini juga berfungsi sebagai drying atau untuk mengeringkan board elektronik misalnya pcb board handphone saat kemasukan air.
Solder uap analog adalah blower solder uap yang berfungsi untuk penyolderan. Solder blower ini  sangat cocok bagi anda yang bergerak dalam bidang montir. Solder uap ini dilengkapi dengan mata sembur blower sebanyak 3 unit dengan ukuran lubang sembur yang berbeda. Saat mencabut IC SMD kita memerlukan alat bantu berupa pinset agar timah tak melekat kembali saat kaki IC mulai meleleh.
Dalam pelaksanaan soldering menggunakan solder uap perlu menjadi perhatian bagi anda adalah dalam mengatur tekanan angin  yang keluar karena bila terlalu kencang (apalagi dengan suhu tinggi) akan mengakibatkan komponen elektronik yang mungil-mungil pada papan PCB akan tercabut. oleh sebab itu sebelum menyoroti dan menyeburkan uap panas ini ke komponen harus diseting dulu tekanan angin dan temperatur.
2.3.3 Solder Kontrol Suhu
Terdapat berapa tipe solder yang mempunyai pengaturan suhu otomatis, pada solder biasa tak terdapat fitur ini, ciri-ciri dari solder ini yaitu terdapat Box kontrol terpisah dari solder tersebut. Untuk kelebihan solder jenis ini ialah jika dihidupkan seberapa lama pun suhunya akan tetap stabil sehingga tak akan merusak solder itu sendiri begitu pula dengan tegangan yang naik turun tak akan mempengaruhi suhu solder, sedangkan untuk solder biasa suhunya akan meningkat seiringan dengan tegangan yang diberikan serta lama waktu menyalakannya, jika dibiarkan menyala terus menerus, umumnya ujung solder yang berada dekat dengan elemen akan meleleh.










BAB III
PENUTUP

3.1 KESIMPULAN
Dari pembahasan pada bab sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa Solder atau patri merupakan alat bantu dalam merakit atau membongkar rangkaian elektronika pada rangkaian yang terdapat pada papan PCB.
Solder mengubah energi listrik menjadi energi panas. Solder banyak jenis dan beragam bentuknya, umumnya berbentuk seperti pistol, dan lurus dengan mata solder di ujung yang berbentuk lancip, dan dilengkapi tombol pengatur suhu ukuran tinggi rendahnya panas yang dihasilkan untuk membuat kawat timah mencair agar dapat melepaskan atau menyatukan kaki-kaki komponen pada papan PCB. Suhu panasnya yang terlalu berlebihan dapat merusak komponen atau menyebabkan komponen lain ikut terlepas.
Solder pula digunakan untuk upaya alternatif jumper dengan menghubungkan kabel kecil pada hubungan yang putus pada papan PCB agar yang retak atau terputus agar dapat tersambung kembali.
3.2 SARAN
Disarankan kepada penulis selanjutnya untuk memperkaya lagi bahan rujukan yang digunakan untuk memperluas cakrawala ilmu yang didapat juga untuk memperkaya materi yang bisa dipelajari. 
















DAFTAR PUSTAKA



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Lila Lailatus Solechah mengatakan...

thank you yaa, sangat membantuuu^^

andreas mengatakan...

bermanfaat sekali
https://www.tokopedia.com/mmionline/etalase/blower-solder-uap

Shikamaru Nara mengatakan...

mantab banget gan
tang cucut

Posting Komentar